Sunday, October 20, 2013

" Ceritaku Menghilangkan Jerawat "

Ini sebetulnya topik yang paling saya suka..*uhuy
"Bagaimana cara menghilangkan jerawat? ; "Pengalaman membasmi jerawat" "Cara ampuh menghilangkan Jerawat"
masih bermasalah sama jerawat??
saya udah enggak dong. sekali-sekali sih, sewajarnya aja. namanya juga masih manusia biasa. hihihik
sudah baca post-an saya tentang cerita jerawatan saya yang luar biasa karna krim abal-abal?
Nah, sekarang saya cerita bagaimana semua jerawat itu secara perlahan tapi pasti minggat dari muka saya..




Fase Penyembuhanku dari Jerawat ...

Pake krim wallet
Foto di atas bener-bener foto saat dan sesudah lepas. jauh banget kan bedanya... '____'

Saya mencoba memperbaiki muka saya dengan berbagai cara. Dari maskeran khusus jerawat, jamu, bedak dingin, obat jerawat dari apotik (benzolac), obat jerawat viva, masker bengkoang, masker lidah buaya, air beras, lemon, madu, oats, masker kopi, terapi air hangat-es, bawang putih, scrub/peeling, facial, ah~ semua deh. Udah ga inget apa-apa lagi yang saya lakukan demi wajah ini kembali seperti sedia kala. Tapi kebanyakan yang saya coba yang tradisional. Takut ada efek samping kimiawi yang lebih parah. 

Yang paling mahal dari semua adalah ke dokter kulit. Saya coba dokter kulit dari salah satu  klinik kecantikan ternama, dan saya datang langsung ke tempat prakteknya. Dia harapan terakhir saya. Secara, tante saya satu keluarga langganan ama dia. Dan muka tante saya itu emang awet muda sekali, walopun ga pake bedak dan macem-macem. Saya di kasih sabun muka cair, serum, krim dan sunblock. 1 paket Rp 300an lebih. Saya udah coba sebulan, tapi ga ada perubahan sama sekali. Jerawatnya kecil 1, besoknya 2 biji merekah. Kata sodara saya sih, itu memang prosesnya, di keluarin dulu semua jerawatnya baru mereka nanti hilang satu persatu. Bukannya saya gak sabar, 1 bulan menurut saya sudah terlalu lama untuk melihat efek perubahan dari obat, apalagi ini obatnya langsung dari dokter, masak saya harus nunggu sampe beli obat yang kedua kalinya baru berubah? Oh, No! Saya bukan orang yang penyabar sodara-sodara. Akhirnya saya putuskan melepaskannya setelah masuk bulan kedua. Saya hibahkan seluruh krim itu sama sepupu saya yang cocok sama obatnya. Mereka bilang sayang banget ga di lanjutin, tapi buat saya lebih sayang lagi uang mama saya lari ke kantong dokter nantinya, sementara muka saya ga berubah juga.

Akhirnya saya membiarkan muka saya seperti ini. Pake sabun cuci muka adek saya (cowok), kadang pake sabun mandi. Dan, yang merubah semuanya ternyata waktu masa liburan 1 bulan dari kuliah. Saya diajak liburan, dan akhirnya menginap beberapa hari di rumah orang tua saya siantar dan parapat untuk liburan. Sekaligus saya masih searching-searching cara lain menghilangkan jerawat juga. Setelah 1 minggu di sana muka saya bersih dengan sendirinya. Kemudian saya menyadari ada beberapa hal yang mempengaruhi kulit wajah kita :

1.       Keadaan air dan cuaca
Air bersih itu ternyata sangat berpengaruh. Karna tinggal di kota dengan air yang pasti sudah ga jernih, banyak terkontaminasi dengan kotoran sana sini yang mengendap dipastikan air di rumah kita kebanyakan sudah ga bagus lagi. Cuaca juga berperngaruh cukup besar loh. Selama saya di daerah sejuk (kira-kira seperti di puncak) kulit saya lebih bagus.

2.       Cuci muka
Cuci muka PALING PENTING. Bukan apa merk sabun mukamu atau semahal apa sabun wajahmu. Anda tau, sabun muka saya sekarang adalah sabun mandi saya juga. Kadang merk detol, kadang lifebuoy (malah yang batangan nih), bukan sabun khusus pencuci muka yang ada kandungan ini itunya atu sabun khusus yang mengandung sulfur. Sekali lagi saya katakan TIDAK. Saya membaca satu artikel artis korea, SNSD Seo hyun yang mencuci mukanya 2x setiap mandi. Bukan 2x sehari ya. Setiap kali dia mandi atau mencuci muka dia akan mencucinya 2x. Mungkin sejenis deep cleansing kali ya. Tapi pastinya dia ga pake sabun batangan,secara dia artis pake make up tebel dan model untuk kosmetik juga pasti pake sabun yang bermerk. Tapi setelah saya ikutin cara dia inilah kunci utama muka saya jadi bersih. Beneran! Jerawat ilang sendiri dan pastinya wajah kerasa lebih bersih. Dan jangan lupa, jangan sepelekan cuci muka sebelum tidur! It means, apapun yang terjadi, mau anda ga mandi sore, kecapean, ato apapun, cuci muka waktu malam hari itu penting. Supaya muka ga numpuk kotoran sebelum tidur. Cuci mukanya juga ga perlu kasar-kasar sampe di garuk karna kesel sama jerawat, pelan2 aja putar-putar, atau cuci muka ala tentara yang digosok-gosok biasa juga ga papa. Hehe. Yang mana nyamannya aja, tapi jangan kasar-kasar ya. kasian mukanya kena grauk kuku sendiri malah luka nantinya. kalau pun setelah kamu mencoba tekhnik ini ga ngaruh, coba cara-cara lain. Misalnya pake oil cleanser atau cuci muka lebih lama. Banyak tehnik-tehnik mencuci muka yang dipakai para artis-artis. Coba saja selama itu menurut kamu aman dan tidak menimbulkan efek samping. Coba check di youtube atau beauty blogger lainnya atau boleh googling cara lain dari komunitas-komunitas yang khusus membahas masalah jerawat ini. Cari yang paling cocok dan paling nyaman buat kamu.

3.       Kelembapan kulit
Jujur aja cuci muka dengan cara begitu membuat kulit anda sedikit lebih kering, karna anda mencucinya lebih intens lagi. Apalagi sabunnya sabun batangan kayak saya. Hahaha. Anda bisa melembabkannya dengan toner (bukan toner temennya milk cleacnser ya). misalnya toner saya L’ore*l. Cukup ditaruh sedikit ke tangan, balurkan ke wajah dan tepuk-tepuk pelan supaya meresap. Kalo ga mau ribet juga bisa langsung pake pelembab muka. Terserah apa saja. Saya pakenya Hazeline yang ijo (bukan citr* hazeline ya). hazeline yang ini sebenernya produksi malay. Katanya udah ada sejak jaman emak2 kita dulu tuh. Dan udah jaraang banget, kemarin beli karna dianjurkan sama temen saya yang chinese yang mukanya putih bersih. Mungkin dia kasihan plus gatel-gatel liat muka saya jerawatan ga jelas gitu. And thanks god, dia baik banget. Dia mau share pelembab yang bagus untuk pemula yang mukanya jerawatan. Buat mereka (orang chinese di sini) mereka taunya pelembab (hazeline yang ijo) + kemicitine/kalmicetine  (3butir di buka isinya dan di campur ke krim). Jadi deh. Awal make sih ga berubah apa-apa. Tapi semenjak merubah cara mencuci muka, pelembab saya jadi penting. Kalo kamu punya pelembab apapun bisa kok di campur kemicitine/kalmicetine. Caranya, ambil pelembab kamu (yang di jar ya bukan yang bentuknya tube), trus ambil 3 butir kemicitine/kalmicitine (untuk yang berjerawat 3 butir) buka dan tuangkan isinya pelan-pelan kedalam krim tadi sambiil di aduk-aduk sampe rata. Nah, setelah itu jadi deh, pelembab jerawat bikinan kamu sendiri. Karena kemicitine/kalmicitine ini produk dari apotek sampe sekarang aku masih yakin ini aman. Karna temen-temenku yang udah lama pake ini juga ga ada masalah tuh.
kalo kamu mau pake tambahan vitamin misalnya berupa serum juga biar lebih sehat dan cerah boleh2 aja. tapi ini cocok2an ya. aku pake serum vitamin c cocok ga jerawatan. pernah aku coba minum vitamin E ternyata ga cocok. malah jerawatan akhirnya aku hentikan setelah minum kedua kalinya.

4.       Sunblock/Sunscreen
Ini termasuk penting buat kamu yang banyak beraktifitas di luar seperti saya. Terutama naik sepeda motor atau jalan kaki dan naik kendaraan umum. Ini penting untuk mencegah sinar matahari membuat wajah kamu lebih baik lagi apalagi terhadap sinar UV. Saya sendiri masih memakai Skin Aqu* yang SPF 25. Nanti mau nyoba yang SPFnya lebih tinggi lagi. Atau kalo mau yang murah dan gampang kamu bisa coba sunscreen dari ward*h. Atau yang khusus jerawatan saya pernah liat Acn*s. Yang mana aja boyee..

5.       Kosmetik
Kosmetik yang tebel ini sangat berpengaruh. Berhubung saya bukan cosmetic addict saya cuma bisa bilang kosmetik itu harus selalu di bersihkan sebelum tidur dengan make up remover, lalu di lanjutkan dengan deep cleanser. Misalnya dengan susu pembersih yang dilanjutkan dengan sabun pencuci muka. Yang pasti harus lebih telaten membersihkannya supaya ga ada sisa make up yang lengket di wajah sebelum tidur.

6.       Kebersihan
Terutama rambut, usahakan untuk rajin keramas, kalaupun ga keramas tiap hari kaya aku (karna rambutku cepet lepek dan berminyak), bisa di siasati dengan cara iket rambut, pokoknya gak di gerai yang membuat rambut berinteraksi langsung sama muka. Trus, pakaian, sprei, sarung bantal, helm, masker penutup mulut, dan terutama tangan yang gatel megang-megang muka itu usahakan di bersihkan. Oh ya, saya naik sepeda motor ke kampus dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit. Anda bayangkan betapa banyak asap dan debu di jalan menumpuk di wajah. Jadi, masker penutup mulut itu termasuk penting untuk menjaga kulit muka.

7.       Makanan
Sebetulnya saya males nulis ini. Ini sih dokter yang bilang kalau ga boleh makan makanan pedas, perbanyak makan sayur, dan bla bla bla. Banyak pantangan. Kalo saya sih tancap aja. Hahaha. Tapi sayur dan buah itu pentinglah. Bukan cuma buat kulit, buat kesehatan juga penting.

8.       Minuman
Air Putih, is a must! Saya dulu paling males minum air putih, minum 2 gelas/hari itu udah jago. What?? 2x/hari?? Iya! Selebihnya saya minum yang manis-manis. Atau kalo males ya ga minum sama sekali. Kadang lupa aja habis makan itu seharusnya minum. Langsung pergi entah kemana-mana. Nah, setelah saya tersadarkan akan pentingnya kesehatan ginjal, dan sedang menjalani suatu jenis diet, saya akhirnya jadi rajin sendiri minum air putih. Dan ternyata efeknya bagus untuk kulit. Jadi lebih sehat.

9.       Maskeran
Yang ini sih saya anjurkan minimal 1x/minggu. Diawali dengan cuci muka, kalo bisa pake milk cleanser, toner dari milk cleanser, atau cuci muka yang bersih, trus lanjut ke peeling, cuci pake air bersih dan pake masker. Atau kalau males ribet-ribet langsung maskeran aja abis bersihin muka. Nah, maskernya terserah apa aja jenisnya. Yang alami atau kimiawi sama-sama bagus kok. Tapi yang paling saya suka jenis peel-off. Itu loh yang waktu ngebukanya pake di tarik. Berasa kotoran keangkat (misalnya punya garnier yang kuning). Tapi karna jenis muka saya kombinasi dan sebagian muka saya jenis kering ini ga boleh sering-sering dan sebelum pakenya pun saya pake toner dulu biar lembab. Nah, kalo masker peel-off saya abis, saya biasa pake masker bengkoang dari mustika r*tu atau bedak dingin aja dan cuci muka, habis itu bobo deh. :3 kamu juga boleh cari bermacem-macem jenis masker alami (DIY) yang gampang. Misal dari putih telur, oats, kopi, bubuk teh, aloe vera, tomat, jeruk nipis, madu, buah-buahan , dsb.

10.   Pikiran dan pola tidur
Ya, pikiran itu sangat mempengaruhi kesehatan kita, juga kulit kita. Kulit kita juga ikutan stress loh. Kebanyakan kalo kita stress kita juga melupakan kulit kita. Bener kan? Nah, makanya jaga pikiran kita. Memang stress ga bisa di hindari. Kerjaan, tugas, semuanya menumpuk. Tapi coba di berikan waktu sedikit aja untuk memanjakan diri kamu dan kulitmu pasti bisa. Dan, kalau kita stress yang paling terganggu adalah jam tidur kita. Biasanya orang stress paling rentan terkena insomnia. Iya, susah tidur. Nah itu juga katanya sih bisa buat jerawatan.

11.   Obat Jerawat
Ini additional. Yah, kalo cara-cara diatas ga mempan buatmu dan menurut kamu harus di kombinasikan dengan obat jerawat untuk hasil yang lebih cepat silahkan saja. Saya sih udah pernah coba segala macem, dari mustika rat*, bedak dingin, viva, benzolac, bawang putih sampe terakhir caladine lotion ungu. Yang paling ngefek itu caladine. Tapi Cuma dikit sih. Kalau benzolac bisa beli di apotek terdekat dengan harga 30rbuan, awal-awal pake sih cepet kempes, tapi mungkin setelahnya jerawat saya sudah beradaptasi sehingga mereka meradang lagi dan di kemudian hari mereka ga berkutik sama sekali waktu di pakein benzolac. IDK why..

12.   Dokter kulit
Kalo kamu bener-bener pasrah, silahkan ke dokter kulit, tapi ya seperti saya bilang, saya ga cocok sama dokter kulit. Ga berubah sama sekali. Malah mengecewakan karna mahal. Ya tapi balik lagi itu pilihan.


Oh ya ada tambahan sedikit dari gaya hidup saya. sekarang udah lebih sehat. rajin minum Green tea salah satunya. selain badan lebih bugar ternyata efeknya juga bagus untuk kulit. jerawat juga jarang2 mampir deh.
Nah, itu sekian sekelumit cerita dari saya dan jerawat saya. Pengalaman saya membasmi jerawat dari jerawatan yang parah sampai proses penyembuhannya. Sekarang jerawatku udah pada bubar. Butuh waktu cukup lama untuk bener-bener menghilangkan semuanya. kira-kira 2-5 bulan. pelan-pelan tapi bener-bener bersih. Hilang. Kadang muncul satu-satu. Ya itu kalo bener-bener lagi banyak pikiran sih. Oh ya, cara aku ini belum tentu cocok untuk semua orang. Aku hanya men-share pengalaman aku saja. 

me now! :)

 Oke. Sekian. Semoga kamu juga bisa “say good bye” juga ke jerawat kamu ya. selamat mencoba! *\^^/*

34 comments:

  1. makasi banget sharing nyaaa,,,, aku cari kemana2,, ternyata ada juga yg kayak aku. aku jerawatan gara2 krim abal2,,, . aku akan coba cara2 kamu itu, terutama yang pake kamacetine + hazeline malaysia warna hijau. Semoga aku bisa berkesempatan utk beli hazeline nya . Makasiiii banget atas info2 nya ya mbak... thank uu

    ReplyDelete
  2. sama-sama mbak tika. makasih udah mampir ya. :)
    kalo aku bilang sih coba rubah cara cuci mukanya aja dulu. 2x nyabunin muka setiap kali nyuci muka. kalo mbak susah dapet hazelinenya juga gapapa pake pelembab lain yang di jar kayak olay atau ponds, atau yang mana yg cocok aja, trus tambahin kemicitine. selamat mencoba ya mbak. semoga berhasil. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba boleh kah kalo saya bicara banyak sama mba soal jerawat di acount twitter saja ? saya pengen lebih paham soanya saya g ngerti kemicitin atau hazelinnya itu @aiyahrebell supaya saya bisa tanya2 lebih gampang maksih

      Delete
  3. Kalo pke citra yg pink buatan indo gmn ya mbk?

    ReplyDelete
  4. Citra hazeline teksturnya beda sama HAZELINE punya malay. Sama2 hazeline tapi yang indo pernah saya coba lebih oily dan lebih lengket. Kalo yg malay lebih enak dipake mbak. Lebih cepet nyerap dan ga oily di muka. Tapi kalo mbak cocok sama citra hazeline ya pake aja mbak. Pokonya pelembab favorit mbak + campur sama kemicitine kalau muka mbak berjerawat. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. aku tertarik sama caladine lotion. kira kira utk laki2 bisa gak y mbak .. soalnya aku pakai pembersih muka saja . dan itu tidak ada perubahan. jerawat ttep aja pada posisi nya n gamau kempess...

    ReplyDelete
  6. aku dulu juga jerawatan parah banget terus aku pake sabun herball.. dan hasilnya sangat menyenangkan sekali... jerawatku tinggal bekasnya aja guyss

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. mbknya beli hazelinnya dimana?

    ReplyDelete
  9. @malik : mas malik silahkan dicoba saja. karna efek untuk setiap orang beda-beda mas. saya coba kemarin berkurang walaupun sedikit. tidak ada salahnya mencoba. tapi kalau terasa perih dan tidak nyaman langsung hentikan saja. karna memang caladine lotion tidak diproduksi khusus untuk kulit wajah.

    @anonynous : di Supermarket mbak. karna saya tinggal di Medan jadi lada beberapa yg jual. Di tempat Medan dijual di Brastagi Supermarket. tapi sekarang harganya sudah lumayan mahal dan agak jarang. kalo susah mencari pakai pelembab muka umum lain yg cocok dengan jenis kulit wajah mbak aja, misal ol*y, garni*r atau yg lain campur kemicitine. langkah2nya sudah saya jelaskan di atas.

    ReplyDelete
  10. Mbak kapan saja menggunakan kamacetine + hazeline ? Sebelum tidur ajaya?

    ReplyDelete
  11. Kalo kalmicetine aja bisa gak mba?

    ReplyDelete
  12. Nih sist frutablend donk si herbal kece yang mampu bikin jerawat kamu pergi ! upss frutablend bukan cuma bisa ngilangin jerawat dimuka loh tapi di seluruh badan juga kabuurrrr ! More info chat me at 7CFB6824 thx

    ReplyDelete
  13. selain korea kosmetik jepang juga bagus loo :)

    ReplyDelete
  14. Share cara kamu cuci muka doong.. Video gituu

    ReplyDelete
  15. wah.. dewasa ini banyak sekali bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat ya gan :D Terimakasih infonya ^_^

    ReplyDelete
  16. aku tertarik sama caladine lotion.
    kira2 untuk laki2 bisa gak y gan...?
    soalnya aku pakai pembersih muka saja...

    ReplyDelete
  17. Mba kalo mah peeling atau scrub gitu boleh ga wkt lg berjerawat?

    ReplyDelete
  18. kalau saya rekomendasikan ini.. cek videonya ya..

    https://www.youtube.com/watch?v=cxubmIbtBag

    ReplyDelete
  19. Ka beli kemicitin di apotek ada ga??

    ReplyDelete
  20. Ka beli kemicitin di apotek ada ga??

    ReplyDelete
  21. Artikel bagus dan sangat bermanfaat buat saya. Bisa saya lengkapi di http://www.jerawatan.id/2016/05/23-cara-menghilangkan-jerawat-kecil-kecil-secara-alami-dengan-cepat.html?m=1

    ReplyDelete
  22. Mba beli cream hazeline dimana yahh

    ReplyDelete
  23. wah hasilnya bagus banget mbak, jerawat batu hilang tak berbekas. thanks sahrenya

    ReplyDelete
  24. Kalo nyari hazeline ijo nya bilangnya apa yah? Yg produksi malay ? Bentuk kemasan hazeline nya kyk apa ya sist? Takut salah beli klo emang udh nemu

    ReplyDelete
  25. Aku udah cari produk hazeline hijau susah banget gada yg jual lagi
    Ada pun itu yg KW berminyak banget beda kayak yg prtama kali aku beli

    ReplyDelete
  26. Kalo boleh nanyak hazeline ijo ny beli dimana?

    ReplyDelete
  27. Boleh guna kopi instant indocafe Kat muka tak? - feeya

    ReplyDelete
  28. terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  29. Cara cuci muka 2x itu bener bener ngaruh ya kak? Oh iya, untuk penggunaan caladine untuk bekas jerawat ngaruh atau nggak ya?

    ReplyDelete